Bondowoso Cup

Duta Walikota Jogja & DM Tegal SF Menangi Perang Bintang Bupati Ngawi CUP IV

Untuk kali pertamanya di Indonesia, gelaran lomba burung berkicau dengan tiket gratis di semua kelas namun hadiahnya full tanpa potongan. Yakni di gelaran bertitel Perang Bintang Bupati Ngawi CUP IV yang diselenggarakan pada hari Minggu, 6 Oktober 2019 lalu, bertempat di alun-alun Ngawi, Jawa Timur. Tak pelak, dalam lomba yang dikemas oleh Mr. Andri Bolang bersama timnya tersebut dibanjiri ribuan peserta dari berbagai penjuru kota. 25 kelas laga yang berkapasitas 72 nomor gantangan per kelasnya tersebut terisi penuh. Pertarungan dalam memperebutkan posisi kejuaraanpun berlangsung seru. Mengingat yang hadir di gelaran tersebut merupakan para bintangnya lomba.

Juara Umum BC berhasil direbut oleh tim Duta Walikota Jogja

Persaingan yang terjadi tak hanya dalam semua kelas laga, namun dalam perebutan predikat sebagai Juara Umumpun menjadi incaran tim-tim besar, baik BC maupun SF yang hadir digelaran ini. Dan pada akhirnya, tim asal Jogja yang membawa bendera Duta Walikota Jogja Cup berhasil merebut gelar sebagai juara umum BC. Tim yang dikomandani oleh H. Samsul tersebut berhasil mendominasi kejuaraan.

Juara Umum SF berhasil diraih oleh Mr. Faizin DM

Dominasi kejuaraan juga terlihat dilakukan oleh tim DM Tegal SF. Dibawah komando H. Faizin DM, tim asal Tegal, Jawa Tengah tersebut berhasil memboyong pulang trophy Juara Umum SF tanpa ada perlawanan berarti dari tim-tim SF lainnya.

Tim Duta Kapolres Magetan Cup

Sedangkan tim asal Magetan, Jawa Timur yang membawa bendera Duta Kapolres Magetan Cup akhirnya kalah telak dalam bursa perebutan gelar Juara Umum BC. Tim yang dikomandani oleh H. Wawan BRI tersebut sejak laga sesi-sesi awal sudah bersaing dengan Duta Walikota Jogja Cup. Namun hasil akhir dalam penghitungan point kejuaraan, tim Duta Walikota Jogja Cup unggul mutlak.

Suasana laga di kelas Lovebird Umum A Wabup

Persaingan ketat terjadi di semua kelas laga, tak terkecuali kelas Lovebird Umum yang dalam lomba kali ini diikuti oleh para jawara-jawara nasional. Dalam kelas Lovebird Umum yang tergelar sebanyak 6 sesi, 4 laga berhasil dikuasai oleh Utun, gaco anyar milik H. Agung Mahadewa yang kali ini mensuport DM Tegal SF. Utun nyaris sapu bersih kelas Lovebird.

Juara 1 di kelas Lovebird Umum A Wabup

Pada laga pertama hingga keempat sesi Lovebird Umum, Utun berhasil mengumpulkan point tertinggi dan mendapatkan bendera koncer A mutlak sebanyak 4 kali. Hanya pada laga sesi kelima dan keenam, Utun gagal meraih puncak podium. Yakni saat berlaga di kelas Lovebird Umum A NR, Utun menempati peringkat juara 5. Sedangkan di kelas Lovebird Umum B NR, Utun menempati peringkat juara 3.

H. Agung bersama timnya kawal Utun yang nyaris sapu bersih kelas Lovebird

Sedangkan tim Langgeng Mulya asal Kediri, Jawa Timur yang menurunkan 2 Lovebird andalannya, yakni Cakil dan Jurrasic kali ini hanya berhasil membawa pulang 2 buah trophy kejuaraan. Saat berlaga di kelas Lovebird Umum A Wabup, Cakli yang merupakan gaco anyar milik Mr. Erick LM tersebut bersaing ketat dengan Utun sejak dimulainya laga. Namun hasil akhir penilaian menunjukkan Cakil menempati posisi kedua dalam perolehan point dan mendapatkan bendera koncer B.

Juara 2 di kelas Lovebird Umum A Wabup

Selain berhasil menduduki peringkat juara 2, Cakil juga menempati urutan ketiga di kelas Lovebird Umum B Wabup. Kemudian peringkat juara lima di kelas Lovebird Umum A Dispora, dan peringkat juara 9 di kelas Lovebird Umum A NR. Sedangkan Jurrasic hanya berhasil menempati peringkat juara 5 di kelas Lovebird Umum B NR.

Tim Langgeng Mulya SF berhasil bawa pulang 2 trophy juara di kelas Lovebird

Di kelas Lovebird Umum A NR, Wirobrajan milik Mr. Tommy dari Duta Walikota Jogja Cup berhasil menduduki peringkat juara 1. Sedangkan di kelas Lovebird Umum B NR, giliran Saviola milik Wahyu R yang juga dari Duta Walikota Jogja Cup yang menduduki peringkat juara 1.

Juara 1 di kelas Lovebird Umum A NR

Sementara itu dalam laga kelas Lovebird Balibu yang tergelar sebanyak 3 sesi, gaco milik H. Thole yang bernama Casper juga nyaris sapu bersih. Sayangnya hanya dua sesi laga saja yang berhasil dikuasainya, yakni kelas Lovebird Balibu A  NR dan Balibu C NR. Sedangkan di kelas Lovebird Balibu B NR, Casper gagal moncer.

Juara 1 di kelas Lovebird Balibu A NR

H. Thole bersama timnya sukses bawa pulang 6 trophy kejuaraan

Kesuksesan H. Thole dalam melagakan gacoannya di kelas Lovebird Balibu juga diikuti oleh rekannya, Wildan yang menurunkan gaco anyarnya di kelas Kenari. Sama halnya dengan Casper, kali ini gacoan Wildan yang bernama Tuan Muda tersebut berhasil menempati puncak podium sebanyak 2 kali. Yakni saat berlaga di kelas Kenari Bebas Wabup dan Kalitan NR.

Juara 1 di kelas Kenari Bebas Wabup

Tuan Muda sendiri belum lama berada di tangan Wildan, belum genap sebulan Kenari tersebut ditake over dari H. Ulum. Dengan materi cengkong dan durasi yang dimilikinya, Tuan Muda memang bukan Kenari biasa. Sejak berada ditangan pemilik sebelumnya, seabrek perstasi telah berhasil diraih oleh Tuan Muda. Mak tak heran bila dalam lomba kali ini Tuan Muda berhasil mendapatkan bendera komcer A mutlak sebanyak 2 kali.

Wildan (kiri) turunkan Kenari anyarnya di kelas Bebas & Kalitan

Dua kali kemenangan alias nyeri juga berhasil diraih oleh Raja Damai yang berlaga di kelas Kacer. Dalam 2 sesi laga yang ada, gacoan milik Mr. Yudi ST dari Surabaya ini berhasil mendapatkan bendera koncer A mutlak sebanyak dua kali.

Juara 1 di kelas Kacer Wabup

Mr. Yudi sendiri memang spesialis Kacer. Pemain lawas asal Mulyosari, Surabaya ini sebelumnya sudah kerap mengorbitkan Kacer-Kacer handal dan sering menjuarai beberapa event. Salah satu Kacer andalannya yang sudah memiliki segudang prestasi adalah Imanuel. Dan saat ini, Imanuel dalam kondisi pemulihan pasca mabung sehingga belum bisa dilombakan. Meski hanya sebatas amunisi pelapis, nyatanya Raja Damai sendiri tak kalah istimewanya dengan Imanuel saat digantangkan.

Mr. Yudi bersama timnya berhasil sapu bersih kelas Kacer

Sejak awal digantangkan, Raja Dami langsung tancap gas menunjukkan kepiawaiannnya dalam olah vokal dan bergaya. Saat berlaga di kelas Kacer Wabup dan Dispora, penampilan Raja Damai terlihat paling menonjol diantara 71 peserta lainnya. Bahkan Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono yang berkesempatan hadir dan menyaksikan sendiri laga kelas kacer sempat terpesona dengan penampilannya.

Bupati Ngawi menyaksikan dari dekat peraih juara 1 di kelas Kacer Wabup

Suasana laga di kelas Murai Batu Wabup

Kesuksesan lomba yang baru kali pertama digelar dengan tiket gratis tersebut membuat Ir. Budi Sulistyono bakal menggelar event yang sama di tahun berikutnya. Mr. Andri Bolang sebagai ketua pelaksana lomba kali ini juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan melihat besarnya animo peserta yang mengikuti lomba kali ini tak menutup kemungkinan gelaran berikutnya bakal ditambah lapangannya. Dan untuk saat ini baru 25 kelas yang dilombakan dalam 1 lapangan hingga banyak peserta yang tak kebagian tiket.

Juara 1 di kelas Murai Batu Wabup

Tim Jalu SF turunkan Murai Batu Petir Lawu yang sukses raih peringkat 3

Cucak Ijo Pro Hyper nyaris nyeri

Atas kehadiran dan partisipasi seluruh peserta dalam lomba ini, Mr. Andri Bolang mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf bilamana masih banyak peserta yang tak kebagian tiket. Tak lupa iapun menyampaikan permohonan maaf bila terdapat kesalahan maupun kekurangannya.

Bupati Ngawi, Ir. Budi Sulistyono menyempatkan diri hadir di Lomba burung berkicau

Untuk melihat daftar juaranya secara lengkap, klik tautan berikut ini: https://mediaradjawali.com/daftar-juara-perang-bintang-bupati-ngawi-cup-iv.html

Tags:
author

Author: 

Media burung berkicau online Indonesia.